Dana Ahmad Weblog

just sharing and storytelling

Virus Berbahaya 25 Tahun Terakhir

Tinggalkan komentar

Sejak dikembangkan pada era 80-an, komputer membantu kerja manusia pada banyak bidang. Seiring bertambahnya kemampuan, “penyakit” yang menyerang pun semakin beragam. Penyakit yang lazim disebut virus itu juga semakin “kreatif.” Berikut daftar virus-virus yang menghebohkan di zamannya.1. Elk Cloner, 1982
Virus komputer ini yang kali pertama menyebar ke seluruh dunia. Mengopi dirinya sendiri melalui floppy disk yang diakses komputer dengan OS Apple II. Efeknya memang tidak sedahsyat virus-virus sekarang, namun cukup mengganggu.

Virus tersebut menyebar begitu floopy yang terinfeksi dibuka. Sewaktu terkopi untuk ke-50 kali, di layar tampil puisi pendek yang cukup konyol bikinan pembuatnya. Mau tahu siapa? Dia adalah remaja berumur 15 tahun bernama Rick Skrenta.

2. Brain, 1986
Virus pertama yang menyerang DOS. Punya nama lain Lahore, Pakistani, Pakistani Brain, Brain-A, UIUC, serta the Pakistani Flu. Pembuatnya dua bersaudara asal Pakistan, Basit dan Amjad Farooq Alvi, yang juga pemilik tempat servis komputer.

Brain mengganti boot sector dengan kopi dirinya. Efeknya, kerja floppy disk drive jadi lambat dan 7 kilobyte memori terbuang. Versi terakhir virus itu menampilkan nama, alamat, serta nomor telepon Alvi bersaudara. Juga pesan bahwa komputer sedang terkena virus. Untuk meyembuhkan, hubungi si pembuat virus.

3. Morris, 1988
Muncul ketika penggunaan komersial internet mulai marak. Dibuat Robert Tappan Morris, mahasiswa Cornell University. Sekali menyerang, virus itu tidak mengakibatkan kerusakan. Namun, ketika terinfeksi berkali-kali, komputer sama sekali tidak bisa digunakan. Parahnya, area penyebaran virus tersebut sangat luas. Di antara 60 ribu unit komputer yang terhubung ke internet, 10 persen bisa dipastikan terjangkit virus itu.

4. Melissa, 1998
Bikinan David L. Smith asal New Jersey. Punya nama lain Mailissa, Simpsons, Kwyjibo, atau Kwejeebo. Bekerja pada komputer dengan word processor Microsoft Word 97 dan Word 2000. Menggandakan diri dengan meng-email dirinya sendiri ke banyak pengguna internet melalui Microsoft Outlook 97 atau Outlook 98.

5. Love Bug, 2000
Terkenal dengan nama ILOVEYOU. Berformat VBScript, kali pertama ditemukan di Hongkong dan menyebar ke seluruh dunia hanya dalam sehari. Menyebar lewat email serta mengeksploitasi sifat dasar manusia yang selalu ingin tahu. Karena subject email adalah ILOVEYOU, sebagian besar orang dipastikan tertarik membuka.

di sadur dari : http://www.jawapos.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s